Yang dimaksud dengan surat masuk adalah surat-surat yang diterima oleh
suatu organisasi baik dari organisasi lain maupun dari perorangan.
Prosedur penanganan surat masuk pada suatu organisasi secara umum akan
meliputi aktifitas-aktifitas sebagai berikut:
1. Penerimaan Surat
Semua surat yang masuk diterima dan dikumpulkan pada suatu bagian atau
petugas tertentu. Kemudian diteliti alamatnya satu persatu apakah
alamatnya benar atau tidak. Maksudnya apakah semua surat-surat yang
masuk itu benar-benar untuk organisasi yang bersangkutan.
Untuk surat-surat yang salah alamat dipisahkan untuk dikembalikan
kepada pihak pengirim. Apabila pengirimannya melalui pos dapat
dikembalikan dengan cara mengembalikan pada kantor pos dan giro dengan
diberi catatan “SALAH ALAMAT”. Demikian pula apabila pengirimannya
melalui biro-biro jasa yang lain.
Untuk surat-surat yang benar pada organisasi yang bersangkutan, pada
amplopnya atau pada suratnya diberi cap tanggal penerimaan. Misalnya
surat yang diterima tanggal pada tanggal 21 Agustus 2008, diberi cap
tanggal sesuai tanggal tersebut.
2. Persortiran Surat
Surat-surat yang telah diberi tanggal penerimaan tadi disortir
berdasarkan tujuannya. Misalnya yang untuk direktur dan untuk
bagian-bagian yang ada pada organisasi yang bersangkutan.
3. Pembukaan Surat
Setelah disortir surat-surat tersebut dibuka satu persatu sambil diteliti
tentang kelengkapan-kelengkapan yang ada.
Disini tidak semua surat boleh dibuka, tetapi ada beberapa jenis surat
yang tidak boleh dibuka oleh petugas, hanya orang yang dituju sajalah
yang mempunyai hak untuk membuka surat-surat tersebut. Surat-surat
tersebut adalah yang berjenis rahasia dan surat pribadi atau private atau prive.
Untuk membedakan surat-surat tersebut dengan surat yang lain dapat
dilihat dari amplop dan alamatnya. Untuk surat rahasia pada amplopnya
akan dibubuhi tulisan RAHASIA atau RHS. Sedangkan untuk surat pribadi
dapat dilihat dari cara penulisan alamatnya. Surat-surat pribadi
alamatnya biasanya tanpa menggunakan jabatan, tetapi hanya namanya saja.
Seperti misalnya:
Kepada
Yth. Bapak Ir. Sudirman
Kantor Depdiknas Malang
Jalan Veteran 7
Malang 63245
Atau biasanya pada sampulnya ditulis PRIVATE atau PRIVE atau yang
lainnya yang menunjukkan bahwa surat tersebut surat pribadi. Sedangkan
untuk yang surat dinas atau bisnis, biasanya hanya disebutkan jabatannya
saja seperti misalnya:
Kepada
Yth. Direktur PT. SEMBADA
Jalan Arjuna 505
Purwokerto 53181
Setelah surat dibuka isinya dikeluarkan, jangan lupa untuk tetap
menyertakan amplopnya. Jadi isi suratnya tetap menyatu dengan amplopnya,
misalnya saja dengan distaples. Tujuan menyertakan amplopnya adalah
untuk:
- mengetahui alamat si pengirim, apabila pada suratnya tidak ada alamat pengirimannya
- menghindari hilangnya sesuatu, apabila misalnya ada lampiran yang teringgal didalam amplop.
- Mengetahui tanggal pembuatan surat, apabila pada surat tidak tercantum tanggal pembuatan surat.
- Mengetahui tanggal pengiriman surat, khususnya apabila dikirim
melalui pos, ini dapat dijadikan bukti apabila ada protes tentang
keterlambatan datangnya surat.
4. Pengagendaan Surat Masuk
Setiap surat yang masuk akan dicatat pada Buku Agenda Surat Masuk.
Adapun yang dicatat adalah nomor urut, tanggal penerimaan, tanggal
surat, nomor surat, perihal surat, asal surat, tujuan surat, keterangan.
Contoh Buku Agenda Surat Masuk Sebagai berikut:
No | Tanggal Terima | Tanggal Surat | Nomor Surat | Perihal | Asal Surat | Tujuan | Ket |
18 | 21/8/2008 | 15/8/2008 | 12/KH/VIII | Pajak Penjualan | Kantor Pajak Malang | Direktur |
|
- Pengklasifikasian Surat
Surat-surat diklasifikasikan menurut jenisnya dan tingkat
kepentingannya, misalnya surat rahasia, surat pribadi, surat dinas yang
harus segera ditanggapi, surat dinas biasa, surat yang hanya berupa
informasi.
6. Pendistribusian Surat
Aktifitas disini adalah menyampaikan surat-surat ke alamat yang dituju.
Tentang alamat yang dituju ada dua kemungkinan, yaitu perorangan,
seperti untuk direktur/pimpinan, dan beberapa orang lainnya.
Untuk surat-surat yang ditujukan kepada pimpinan, sebaiknya dalam
penyampaiannya disusun berdasarkan pengklasifikasian. Susunannya dimulai
dyang paling penting sampai ke yang kurang penting dan ditrmpatkan
pada sebuah map khusus.
Untuk mendistribusikan surat kepada bagian-bagian yang ada pada suatu organisasi, biasanya ditempuh dengan cara menggunakan Buku Ekspedisi Intern.
Buku ini mencatat tentang identitas surat, tujuan surat, tanda
tangan/paraf penerima surat dan tanggal penerimaan surat. Contoh Buku
Ekspedisi Intern adalah sebagai berikut:
BUKU EKSPEDISI INTERN
No | Tanggal Terima | Nomor Surat | Tujuan Surat | Tanda Tangan dan Tanggal |
45 | 12/9/2007 | 89/Ps/K/IX/07 | Bagian Personalia |
|
Sering terjadi sebuah surat perlu diketahui oleh beberapa pihak. Untuk
surat yang semacam ini cara pendistribusiannya ada beberapa cara yaitu:
- a. Diperbanyak
Surat tersebut diperbanyak sejumlah pihak yang harus mendapatkan surat tersebut,
kemudian didistribusikan dengan menggunakan Buku Ekspedisi Intern.
b. Menggunakan Slip Edaran
Yang dimaksud slip edaran adalah lembaran kertas yang memuat
pihak-pihak yang akan dituju oleh surat tertentu. Slip edaran ini
nantinya dilampirkan pada surat yang akan diedarkan.Setiap orang yang
telah membaca surat tadi harus membubuhkan tanda tangan/parafnya dan
diberi tanggal, kemudian diedarkan ke orang berikutnya. Orang yang
paling akhir bertugas mengembalikan surat tersebut ke tempat yang telah
ditentukan atau akan ada petugas yang mengambil surat tersebut.
Jadi disini suratnya tidak diperbanyak, tetapi diedarkan ke pihak-pihak
yang dituju, dengan dilampiri slip edaran. Pada kolom catatan biasanya
diisi tentang perlunya surat tersebut dibaca oleh pihak-pihak yang
dituju. Misalnya: “Hanya sebagai informasi” atau “Hanya untuk
diketahui”. Contoh slip edaran:
SLIP EDARAN |
Tanggal : Tanggal Surat :
Nomor Surat :
Perihal : | Catatan : |
No. | Tujuan | Paraf dan Tanggal |
|
|
|
c. Menggunakan Slip Tindakan (Action Slip)
Dengan cara ini surat tadi diperbanyak sebanyak yang diperlukan.
Kemudian masing-masing copy surat tadi dilampiri Slip Tindakan atau
sering juga disebut Slip Penugasan. Bentuk slip tersebut biasanya adalah
seperti yang tercantum di bawah ini. Slip ini diberi tanda pada salah
satu atau beberapa perintah yang harus dilakukan sehubungan dengan
surat yang diedarkan.
B. Prosedur Penanganan Surat Keluar
Dalam menangani surat keluar akan terdiri dari aktivitas-aktivitas sebagai berikut:
1. Pembuatan konsep
Kegiatan yang pertama dalam menangani surat keluar adalah pembuatan
konsep.Ada beberapa hal yang dapat membantu membuat konsep surat dengan
baik, yaitu
- Penempatan tujuan. Maksudnya adalah sebelum pembuatan konsep-konsep
surat dimulai, harus diketahui terlebih dahulu tujuan pembuatan surat
tersebut. Seperti untuk membalas surat pesanan. Dengan mengetahui tujuan
ini akan dapat diketahui isi dan macam surat yang akan dibuat.
b. Menyediakan informasi pelengkap yang diperlukan. Dengan mengetahui
isi dan macam surat yang akan dibuat, dapat dipersiapkan informasi
pendukung yang diperlukan untuk surat yang akan dibuat dapat
dipersiapkan terlebih dahulu.Hal ini sudah barang tentu akan mempermudah
dalam proses penyusunan konsep surat.
- Mengetahui calon penerima surat.Calon penerima surat perlu di
ketahui juga. Hal ini akan sangat membantu dalam memilih kata-kata dan
bahasa yang cocok untuk digunakan dalam surat yang akan dibuat.
Kemudian dalam pembuatan konsep surat harus diusahakan agar konsep
tersebut sudah dapat mencerminkan surat yang sesungguhnya. Maksudnya
harus sudah dapat mencerminkan surat yang baik seperti, yang telah
diterangkan sebelumnya.
2. Persetujuan konsep
Setelah konsep selesai dibuat harus terlebih dahulu disetujui oleh
pihak yang bertanggungjawab terhadap surat tersebut. Dalam hal ini
biasanya adalah orang yang akan menandatangani surat.
Untuk surat yang isinya menyangkut lebih dari satu pihak/departeman
dalam suatu organisasi biasanya konsep tersebut akan dikonsultasikan
terlebih dahulu kepada pihak-pihak/departemen-departemen tadi.
Sebagai tanda persetujuan terhadap konsep tadi, maka pejabat yang
berkepentingan terhadap surat itu akan membubuhkan parafnya pada konsep
surat.
3. Pemberian nomor surat
Setelah konsep disetujui, konsep tersebut akan dilengkapi atau diberi
nomor surat. Salah satu yang perlu diperhatikan dalam
pembuatan/pemberian nomor surat hendaknya yang jelas, sederhana dan
mudah dimengerti serta tetap bentuknya. Nomor surat biasanya merupakan
gabungan dari nomor-nomor dan kode-kode tertentu, misalnya
231/K/Ps/IX/08, yang artinya:
- 231 = nomor urut surat
- K = surat keluar
- Ps = kode untuk surat pesanan
- IX = bulan pembuatan surat
- 08 = tahun pembuatan surat
4. Pengetikan konsep
Setelah konsep surat diberi nomor surat, kemudian diketik. Dalam proses
pengetikan ini, biasanya akan dilakukan hal-hal sebagai berikut;
- diteliti apakah semua persyaratannya telah lengkap
- dilihat berapa jumlah tembusan yang diperlukan
- memprioritaskan pengetikan surat yang lebih penting dahulu, dilihat dari segi waktu pengirimannya dan isinya
Setelah kegiatan hal tersebut di atas diteliti, berulang mulai proses
pengetikan. Dalam proses pengetikan surat ini perlu diperhatikan bahwa
bentuknya harus seragam, sesuai dengan aturan yang ada pada organisasi
yang bersangkutan. Selain itu sudah barang tentu harus rapi dan tidak
boleh ada kesalahan pengetikan.
Kemudian perlu diperhatikan juga, apabila surat tersebut akan dibuat
dalam jumlah yang banyak, maka perlu dipikirkan cara memperbanyak.
5. Penanda tanganan surat
Setelah konsep surat diketik dan dilengkapi dengan semua kelengkapan
surat tersebut siap untuk ditandatangani. Yang dimaksud kelengkapan
disini adalah antara lain: amplop, lampiran-lampiran, dan sebagainya.
Yang berhak menandatangani adalah orang yang akan bertanggungjawab terhadap
isi surat tersebut. Jadi diserahkan kembali kepada orang yang telah memberikan parafnya pada konsep surat tersebut.
6. Pemberian cap stempel organisasi
Setelah surat ditanda-tangani langkah berikutnya adalah diberi cap
stempel organisasi, yaitu disebelah kiri atas tanda-tangan dan mengenai
sebagian tanda-tangan orang yang bertanggung jawab langsung terhadap
surat yang bersangkutan.
7. Pencatatan surat keluar
Langkah berikutnya adalah pencatatan surat pada Buku Agenda Surat
Keluar. Yang dicatat adalah nomor urut, tanggal, tujuan surat, perihal,
nomor surat, lampiran, asal surat, dan keterangan.
Contoh Buku Agenda Surat Keluar adalah sebagai berikut:
BUKU AGENDA SURAT KELUAR
No | Tanggal | Tujuan Surat | Perihal | Nomor Surat | Lamp | Asal | Ket |
1 | 10/09/2008 | PT Setia Hati Jl Setia 45 Makasar | Penawaran Barang | 03/KP/Pn/IX/08 | 2 | Bagian Marketing |
|
Semua surat keluar perlu dicatat padaBuku Agenda Surat Keluar, tujuannya adalah:
- untuk mengetahui banyaknya surat yang telah dibuat
- untuk mengontrol surat yang keluar
- untuk mengetahui jumlah surat-surat yang telah keluar
8. Pengiriman surat
Proses pengiriman surat secara umum ada dua macam, yaitu;
- dikirim oleh petugas pengiriman surat
- dikirim melalui jasa pengiriman surat
Oleh karenanya surat-surat yang akan dikirim perlu dipisah-pisahkan
terlebih dahulu, mana yang akan dikirim oleh petugas dan mana yang akan
dikirim melalui jasa pengiriman.
Untuk yang dikirim melalui jasa pengiriman perlu dipisah-pisahkan lagi
menurut jenis jasa pengirimannya,yaitu didasarkan kepada tingkat
kepentingannya dan lama waktu pengirimannya. Seperti misalnya apabila
akan menggunakan jasa pos, apakah menggunakan jenis kiriman biasa,
kilat, kilat khusus, tercatat dan sebagainya. Jadi harus dapat
menentukan jenis jasa pengiriman yang tepat sesuai dengan kebutuhan
surat yang akan dikirim.
Adapun jasa-jasa pengiriman surat yang dapat dipergunakan adalah ada 3 kemungkinan, yaitu;
- Perum Pos dan Giro
- Perum Telekomunikasi
- Jasa Pengiriman Swasta
a. Perum Pos danGiro
Jasa yang diberikan oleh PerumPos dan Giro sehubungan dengan pengiriman
surat adalah mengirimkan Surat Pos. Yang dimaksud dengan Surat Pos
adalah nama himpunan umtuk surat, warkat pos, barang cetakan, surat
kabar, dan bungkusan kecil.
Tentang jenis pelayanan yang disediakan antara lain adalah;
- Biasa, jenis pengiriman ini memakan waktu antara 3 hari -7 hari atau lebih, tergantung jauh dekatnya alamat tujuan.
- Kilat, jenis pengiriman ini memakan waktu antara 1 hari – 1 minggu.
- Kilat khusus, jenis pengiriman ini memakan waktu 24 jam. Tetapi belum semua kota di Indonesia terjangkau oleh jenis jasa ini.
- POSPATAS, yaitu singkatan dari Pos Cepat Antar Kota Terbatas, Jasa
jenis ini membutuhkan waktu maksimal 12 jam. Pelayanannya hanya antara
jam 07.00 – 23.00 dan untuk kota-kota tertentu saja
- EMS (Express Mail Service), yaitu merupakan sarana yang
terpercaya untuk kecepatan dan ketepatan kiriman pos ke luar negeri.
Jenis pelayanannya ada 2 macam, yaitu:
- On Schedule Service (EMS/OS) ,yaitu pelayanan pengiriman
EMS dengan alamat dan jadwal pengiriman tertentu sesuai dengan kontrak
yang dibuat antara pengirim dengan Kantor Pos dan Giro
- On Demand Service (EMS/OD), yaitu pelayanan pengiriman EMS yang dapat dilakukan setiap saat selama loket masih buka.
- Kiriman Tercatat, yaitu jenis pengiriman yang aman, biasanya
digunakan untuk mengirim dokumen atau surat yang penting dan mempunyai
nilai tertentu, seperti surat perjanjian, ijasah dan sejenisnya. Jika
menggunakan jasa ini, pengirim akan mendapatkan tanda bukti pengiriman.
Tanda bukti ini harus disimpan, sebagai tanda bukti.
Setiap jenis pengiriman tadi mempunyai tingkatan tarif biaya yang
berbeda-beda. Tentang daftar tarif, biasanya setiap tahun Kantor Pos dan
Giro menerbitkan dan diperjual belikan untuk umum. Hal lain yang
mempengaruhi besar kecil biaya pengiriman adalah berat-ringannya dokumen
yang dikirim. Jadi setiap surat yang akan dikirim melalui Kantor Pos
dan Giro harus ditimbang timbang terlebih dahulu, kemudian dilihat di
daftar terif untuk menentukan atau memberikan jumlah perangko yang harus
ditempel Penimbangan dan Pemberian perangko ini dapat dilakukan
sendiri atau oleh Kator Pos dan Giro tempat mengirim.
Dalam menggunakan jasa pengiriman melalui Pos dan Giro, penulisan
alamat sangat penting untuk diperhatikan. Cara penulisan alamat yang
benar menurut petunjuk yang diberikan oleh Perum Pos dan Giro adalah
sebagai berikut:
- Susunan alamat agar di tulis pada bagian kanan smapul surat. Selain
nama dan tempat tinggal dan alamat, juga nama gang, jalan, nomor rumah,
nomor RT dan RW, Kabupaten dan Propinsi ditulis pada susunan alamat
tersebut. Yang lebih penting lagi jangan lupa: Cantumkam Nomor Kode Pos
pada alamat anda. Contoh:
Kepada
Yth. Sdri. Alin Nurlina
Jl. Rumah Sakit
Gg. Sukarasa 8 RT. O7/RW. 02
Kel. Kahuripan, Kec. Tawang
Tasikmalaya 46115
Kepada
CV. BUDI PERMADI
Jl. Gelatik Dalam 42/151A
Bandung 40133
- Sedangkan semua kiriman untuk alamat Luar Negeri, Cantumkan nama
Negara tujuan dan jika ada cantumkan nomor penyaluran pos atau nama
daerah antar.
Contoh:
Miss Cindy Brewer
507 Kanthy Drive, Tecumseh
Oklahoma 74873
U.S.A
Felicia Wong Pty.Ltd
6-188. BLK 97, Whampoa Drive
Singapore 12323
b. Perum Telekomunikasi.
Jenis jasa yang diberikan olah Perumtel antara lain adalah:
- Telegram
- Telex
- Teletex, yaitu suatu jasa teleks dengan kemampuan pengiriman yang lebih cepat
- Telefax (Facsimile), yaitu suatu jasa fotokopi jarak
jauh yang dikirimkan melalui media telekomunikasi dengan kemampuan
lebih cepat dan lebih murah.
- Electronic Mail (E-Mail), pengiriman berita baik
tertulis maupun bentuk suara yang memakai fasilitas gabungan
telekomunikasi dan computer sehingga berita tersebut dapat disimpan dan
diakses dari seluruh penjuru dunia bagi mereka yang berkepentingan.
- c. Jasa Pengiriman Swasta
Yang dimaksud disini adalah biro-biro jasa pengiriman yang disediakan
oleh pihak swasta seperti ELTEHA dan berbagai biro jasa pengiriman yang
lain.
Untuk semua surat-surat yang akan dikirimkan, baik oleh petugas sendiri
maupun melalui jasa pengiriman, biasanya dibuatkan atau dicatat pada
buku Ekspedisi Ekstern. Buku ini mencatat surat-surat yang dikirim,
kemana tujuannya, dan siapa yang menerima surat-surat tersebut.
Penerima surat akan membubuhkan tanda tangan atau paraf pada buku
tersebut sebagai bukti bahwa suratnya telah diterima. Untuk surat yang
dikirim melalui jasa pengiriman, yang tanda tangan atau paraf adalah
petugas di tempat jasa pengiriman.
Adapun bentuk Buku Ekspedisi Ekstern adalah sebagai berikut:
BUKU EKSPEDISI EKSTERN
No | Tgl Pengiriman | Nomor Surat | Tujuan | Paraf Penerima |
23 | 12/09/2008 | 23K/M/Pr/IX/08 | CV. Wardana Jalan Perkutut 56
Bandung 40133 |
semoga bermanfaat.. :)
sumber: http://whistle-dennis.blogspot.com/2012/05/cara-penanganan-surat-masuk-dan-keluar.html